Sunday, June 16, 2024
HomeKulinerTeri Medan Kering dan Basah Kelezatan yang Mendunia

Teri Medan Kering dan Basah Kelezatan yang Mendunia

Banyak Dibawa Sebagai Oleh-Oleh

Teri Medan telah lama menjadi primadona dalam kuliner Indonesia. Dikenal karena rasa gurihnya yang khas, teri Medan bukan hanya menjadi camilan favorit, tetapi juga menjadi bahan utama dalam berbagai hidangan. 

Ada yang belum tau seperti apa bentuk teri Medan itu? Teri adalah ikan ukuran kecil-kecil, lebih besar sedikit dari kecepe atau udang rebon. 1 ons teri bisa ratusan ekor yang kita dapat. Jadi bukan seperti ikan tongkol yang 1 kg mungkin ada 10 ekor. Teri ini ikan ukuran kecil yang rasanya asin. 

Dalam artikel ini, kita akan mengungkap tiga alasan mengapa teri Medan begitu terkenal:

1. Kualitas dan Ketersediaan: Teri Medan terkenal karena kualitasnya yang unggul. Teri ini dipilih secara selektif dari perairan Sumatera Utara, tempat di mana teri ini dikenal banyak ditemukan. Proses pemilihan yang ketat memastikan bahwa hanya teri terbaik yang diperoleh untuk diolah lebih lanjut. Ketersediaan teri Medan yang melimpah juga berperan dalam popularitasnya. Tersedia secara luas di berbagai pasar tradisional dan supermarket, membuatnya mudah diakses oleh semua orang.

2. Rasa yang Menggugah Selera: Salah satu alasan utama mengapa teri Medan begitu digemari adalah karena rasa gurihnya yang khas. Proses pengolahan yang tepat, termasuk pengeringan dan pengasinan yang hati-hati  menghasilkan tekstur yang renyah dan cita rasa yang mendalam. Teri Medan seringkali diolah dengan bumbu-bumbu tradisional Indonesia, seperti bawang putih, cabai, dan daun jeruk, yang memberikan tambahan aroma dan rasa yang menggugah selera. Baik digoreng kering atau diolah menjadi hidangan lainnya seperti sambal teri, teri Medan selalu menghadirkan kenikmatan yang tak terlupakan.

3. Kekayaan Gizi dan Kesehatan: Teri Medan tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan nutrisi. Sebagai sumber protein hewani yang baik, teri ini mengandung asam lemak omega-3, kalsium, dan zat besi yang penting untuk kesehatan tubuh. Omega-3 terbukti memiliki banyak manfaat, termasuk menjaga kesehatan jantung dan otak. Selain itu, teri Medan juga rendah kalori, membuatnya cocok sebagai camilan sehat bagi yang peduli dengan pola makan.

Kisaran Harga dan Tempat Pembelian

 Harga teri Medan bervariasi tergantung pada ukuran dan kualitasnya. Secara umum, teri Medan dapat dibeli dengan harga berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per ons, tergantung pada tempat dan musim. Anda dapat membelinya di pasar tradisional, supermarket besar atau toko online. Pastikan untuk memilih teri yang segar dan berkualitas. 

Memang harga per-ons terdengar mahal namun teri 1 ons bisa dipakai untuk makan 1 keluarga 4 orang untuk 2x makan. 

Jangan bayangkan orang Medan kalau beli teri pasti minimal 1/2kg, mereka beli hitungan ons. Paling banyak juga 1/4kg bisa dimakan hampir sebulan kalau yang makan hanya 2 orang.

Teri Medan bukan sekadar camilan, tetapi juga warisan kuliner yang kaya akan cita rasa dan nutrisi. Dengan kualitas unggul, rasa yang menggugah selera, dan manfaat kesehatannya, tidak mengherankan bahwa teri Medan telah mendunia. Dengan harga yang terjangkau dan ketersediaan yang melimpah, siapa pun dapat menikmati kelezatannya. (ns)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments